Menulis Di Masa Pandemi dan Diterima Oleh Google Adsense




Pada bulan Maret 2020 yang lalu, tepatnya saat awal pandemi covid-19 masuk ke Indonesia, buktihukum.com didirikan sebagai wadah menulis segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi hukum.

Website ini dibangun dengan modal yang sangat sederhana, platform yang digunakan adalah blogger.com yang notabene milik google dan dapat diperoleh secara gratis.

Supaya keliatan bonafit sedikit, untuk domain namenya, kami gunakan domain name .com berbayar yang dapat diperoleh dari penyedia hosting, paket satu tahunnya hanya berkisar Rp.125.000.

Sedangkan untuk tema atau tampilan website, agar keliatan menarik dan nyaman dibaca oleh pengunjung, kami membeli tema premium karya mas Sugeng yang bisa di pesan melalui www.sugeng.id, harga tema tersebut hanya sekitar Rp.150.000.

Dengan modal yang minim tersebut, kami berusaha memberikan layanan hukum yang baik kepada masyarakat yang membutuhkan, layanan tersebut yaitu berupa informasi-informasi hukum yang dapat diakses oleh masyarakat secara gratis.

Selain itu, buktihukum.com menyediakan form konsultasi hukum gratis apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan secara langsung.


Diterima Oleh Google Adsense

AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang. Sejak pertama kali didirikan, banyak para pemilik website yang berpartisipasi untuk mendaftar menjadi publisher AdSense di Indonesia. Karena dengan menjadi publisher Adsense, anda bisa mendapat penghasilan dari kegiatan menulis yang anda lakukan di website anda.

AdSense menampilkan iklan pada website berupa text, gambar dan video kepada pengunjung website sesuai dengan minat. Kerja dari Google AdSense adalah memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan minat atau kebutuhan Anda. Selain itu, anda dapat menggunakan iklan tombol otomatis apabila anda tidak mau repot menempatkan code iklan pada ruang iklan di website anda.

Seperti yang diketahui, banyak para blogger mengeluhkan bahwa google adsense dalam memverifikasi permohonan tidak memberikan penjelasan yang detail kenapa website pemohon tolak atau tidak disetujui.

Sama halnya seperti buktihukum.com, pada awal pengajuan sering ditolak oleh google adsense, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


Jika kalian mempunyai kendala yang sama seperti penolakan diatas, kalian tidak perlu kwatir, yang perlu kalian lakukan adalah memahami aturan-aturan yang dikeluarkan oleh google adsense, walaupun aturan tersebut tidak secara eksplisit disebutkan.

Bagaimana cara memahami google adsense agar permohonan diterima?

  1. Cari tau banyak informasi dari mesin penelusuran google, terkait syarat atau kriteria agar website diterima oleh google adsense.
  2. Masuk kedalam grup facebook atau forum-forum lainnya untuk berdiskusi dengan sesama blogger.
  3. Tulisan kalian harus original (tidak boleh copy-paste tulisan orang lain).
  4. Hindari tulisan yang berkaitan dengan ilmu kesehatan jika kalian bukan dokter atau orang yang berkompeten dibidang kesehatan.
  5. Hindari tulisan yang berbau pornografi, drugs, narkotika dan judi.
  6. Gunakan domain name berbayar seperti .com, .id dan lain-lain.
  7. Gunakan tema premium untuk website kalian.
  8. Pahamilah SEO atau cara menulis yang baik dan benar atau yang disukai google.
  9. Konsistenlah menulis dengan satu tema tertentu.

Kesembilan poin tersebut tidaklah mutlak untuk dipedomani agar website kalian diterima oleh google adsense, kesembilan poin tersebut kami jelaskan berdasarkan pengalaman kami pada saat awal membangun buktihukum.com hingga akhirnya diterima oleh google adsense.

Berdasarkan pengalaman kami, perlu waktu sekitar 8 bulan sampai akhirnya buktihukum.com di terima oleh google adsense.

Jika kalian pernah ditolak oleh google adsense, kami menyarankan jangan pernah menyerah dan coba lagi lakukan pengajuan dengan memperbaiki tulisan kalian seperti kesembilan poin diatas.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menulis Di Masa Pandemi dan Diterima Oleh Google Adsense"

Post a comment