5 Situs Penyedia Peraturan Perudang-Undangan Terbaik



Situs penyedia peraturan perundang-undangan saat ini sangat dibutuhkan oleh praktisi hukum seperti advokat maupun dari kalangan akademisi seperti guru dan dosen, dan juga tentunya bagi mahasiswa yang mengambil jurusan hukum.

Pada saat saya mengikuti kelas PKPA yang kebetulan pada saat itu diajar Advokat Hotman Paris Hutapea. beliau sempat bercerita bahwa setiap kali sidang, dia akan membawa banyak sekali paraturan perundang-undangan maupun dokumen hukum lainnya yang dia taruh dibelakang mobilnya.

Dia bercerita lagi, bahwa kegemaran membaca peraturan perundang-undangan maupun artikel hukum lainnya, menjadikan Hotman Paris Hutapea sukses seperti sekarang. anak hukum yang mau sukses harus rajin membaca, itu kata beliau.

Di zaman sekarang, dengan memanfaatkan teknologi yang ada. keliatannya membawa cetakan hardcopy peraturan perundang-undangan yang biasanya cukup tebal ini akan terasa sangat tidak mengenakkan. terlebih ada kemudahan yang kita dapat ketika kita menggunakan soft file pdf peraturan perundang-undangan yakni dengan menu "search" anda akan lebih cepat mendapat kalimat yang anda inginkan dibandingkan anda harus membolak balik halaman peraturan perundang-undangan versi cetak hardcopy (buku cetakan).

Disini saya tidak membandingkan mana yang lebih baik, apakah membaca dengan menggunakan buku cetakan atau dengan soft copy. Tentunya budaya membaca menggunakan buku cetakan harus tetap dipertahankan, kita lihat anak anak di eropa masih mempertahankan budaya membaca menggunakan buku cetakan padahal kita tahu bahwa teknologi disana jauh lebih maju.

Namun, dalam beberapa situasi tertentu, keberadaan peraturan perundang-undangan dalam bentuk soft copy sangat diperlukan karena lebih praktis, hemat biaya, mudah didapatkan, dan memilik menu search yang dapat membantu kita menemukan kalimat yang dicari.

Berikut saya akan menyampaikan 5 situs penyedia peraturan perundang-undangan terbaik milik instansi pemerintah yang tentunya bisa anda akses gratis (free of charge):

Peraturan perundang-undangan yang saya maksud adalah Undang-undang/Perpu, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Peraturan Daerah, Peraturan Menteri/Lembaga.


Situs ini dikelola oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. kelebihannya adalah memiliki navigasi dan menu yang mudah dimengerti, data kompilasi peraturan perundang-undangan yang lengkap mulai dari Undang-Undang sampai dengan Peraturan Daerah.

Situs ini juga menyediakan data kompilasi Rancangan Peraturan Perundang-Undangan mulai dari Undang-Undang/Perpu, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, dan Peraturan Menteri. Hal ini mengingat tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM memiliki fungsi pengundangan dan hamonisasi. Tentunya data kompilasi ada disini semua.


Situs ini kelola oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional yang secara struktur berada dibawah Kementerian Hukum dan HAM. Diliat dari tugas dan fungsinya sebagai Badan Hukum Pembinaan Nasional, sudah wajib bahwa BPHN harus memiliki situs kompilasi peraturan perundang-undangan yang lengkap.

Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, bahwa http://bphn.jdihn.go.id/ adalah pusat (big data) peraturan perundang-undangan secara nasional. Sedangkan Kementerian/Lembaga maupun pemerintah daerah adalah sebagai anggota JDIH.

Oleh karena itu, http://bphn.jdihn.go.id/ dapat dijadikan standar rujukan pengelolaan situs kompilasi peraturan perundang-undangan. 


Situs ini dikelola oleh Kementerian Keuangan. Pada tahun 2019 situs ini pernah mendapat penghargaan dari BPHN sebagai situs JDIH terbaik. Selain mudah diakses, situs ini memiliki konten yang terus diupdate secara berkala oleh pengelolanya.


Situs ini dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. https://jdih.lkpp.go.id/ sering diakses karena data kompilasi peraturannya yang sering dicari orang mengingat banyak sekali perkara yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa Pemerintah.

Berdasarkan pengalaman saya, situs ini memiliki akses yang cepat dan diupdate secara berkala oleh pengelolanya.


Situs ini dikelola oleh Sekretariat Kabinet. Jika anda ingin mendownload produk hukum yang ditetapkan oleh Presiden disinilah tempatnya. Selain itu, setiap produk hukum yang diupload oleh pengelola memiliki format khusus sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Sekretariat Kabinet.

Demikian pendapat saya mengenai 5 situs penyedia peraturan perundang-undangan terbaik yang dimiliki instansi pemerintah. semoga bermanfaat!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Situs Penyedia Peraturan Perudang-Undangan Terbaik"

Post a comment